Aladdin Naufal Surahman, peserta didik SMP Negeri 115 Jakarta melaju ke Tingkat Nasional OSN 2024

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah olimpiade bidang sains untuk pelajar, tingkat SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat dan SMA/MA/Sederajat. OSN diselenggarakan setiap tahun secara bertingkat.

Dilansir dari situs Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemdikbud, OSN merupakan ajang kompetisi sains bagi pelajar diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

OSN hadir untuk meningkatkan mutu pendidikan, memberikan ruang aspirasi, dan apresiasi untuk pelajar dalam mewujudkan talenta emas Indonesia.

Peserta didik terbaik akan diseleksi dari 38 provinsi. Awalnya, sekolah akan menyeleksi terlebih dahulu peserta didiknya. Kemudian, naik ke daerah, provinsi, hingga nasional.

Maka dalam dalam menyambut gelaran pelaksanaan OSN SMP tahun 2024 SMP Negeri 115 Jakarta melakukan persiapan yang sangat matang, mulai dai proses seleksi di tingkat sekolah yang diikuti oleh kurang lebih 200 peserta untuk mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS, kemudian dilakukan seleksi pertama menjadi 25 orang per mata pelajaran, setelah itu dilakukan pembinanan oleg guru dan narasumber berkompeten, setelah dilakukan pembinaan dilakukan seleksi kedua untuk menyaring 10 orang per mata pelajaran, dan setelah dilakukan seleksi maka dilakukan kembali proses pembinaan oleh guru dan narasumber berkompeten.Setelah dilakukan pembinaan maka dilakukan seleksi tahap ketiga yang akan mengambil 5 peserta terbaik untuk kontingen OSN SMP Negeri 115 Jakarta maju untuk OSN tingkat Kota/Kabupaten, dan setelah dialkukan seleksi ketiga maka dilakukan kembali pembinaan dari guru dan narasumber yang berkompeten.

Kerja keras SMP Negeri 115 Jakarta membuahkan hasil yang maksimal, maka pada pelaksanaan OSN tingkat kab/kota, meloloskan 3 peserta didik terbaik yaitu :

  1. ALADDIN NAUFAL SURAHMAN, mata pelajaran IPA
  2. ALFIO RASHAAD KALOKO, Mata pelajaran Matematika
  3. KHANZA FIORENZA. Mata pelajaran Matematika

Kemudian setelah seleksi tingkat kabupaten kota, Dinas Pendidikan DKI Jakarta melakukan pembinaan intensif selama 10 hari di SMP Negeri 115 Jakarta untuk mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS yang pesertanya adalah 5 peserta terbaik tingkat kabupaten kota, terdiri dari Suku Dinas Pendidikan Jakarta Pusat wilayah 1 dan 2, Suku Dinas Pendidikan Jakarta Utara wilayah 1 dan 2, Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat wilayah 1 dan 2, Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan wilayah 1 dan 2, Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur wilayah 1 dan 2, dan Suku Dinas Pendidikan Kepulauan Seribu.

Kemudian sesuai jadwal OSN pada tanggal 24 dan 25 Juni 2024 pelaksanaan seleksi OSNP digelar secara nasional, dan pada tanggal 12 Juli 2024 diumumkan hasil seleksinya berdasarkan Surat Keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor Manual.115.J7.1/PN.00/2024,  maka salah satu peserta didik SMP Negeri 115 Jakarta atas nama ALADDIN NAUFAL SURAHMAN mata pelajaran IPA lolos seleksi tingkat provinsi dengan juara 1 dan berhak masuk ke tingkat nasional.

ALADDIN NAUFAL SURAHMAN


Kami keluarga besar SMP Negeri 115 Jakarta mengucapkan selamat dan sukses atas pencapaian yang diraih putra putri terbaik SMP Negeri 115 Jakarta, semoga menjadi motovasi peserta didik lainnya untuk terus berprestasi dimasa yang akan datang.

#SMABEL, Cerdas, Santun, Luar Biasa

#Berkompetisi Meraih Prestasi

Kabar Sekolah Lainnya

Download App Web Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

Download App Web Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman