Talenta dan Kerja Keras Alenka Anandira Callista Berbuah Prestasi di “Skate Japan 2024”

KOMPAS.com – Atlet muda berbakat Alenka Anandira Callista, siswi SMPN 115 Jakarta, berhasil mengukir prestasi dengan meraih juara pertama kejuaraan ice skating “The 36th Annual Skate Japan 2024” yang berlangsung di Saitama, Jepang, pada 29-30 Juni 2024. “Skate Japan 2024” merupakan kejuaraan bersejarah dan bergengsi di Asia yang diikuti lebih dari 300 peserta dari sembilan negara yakni Jepang, Amerika Serikat, Hong Kong, China, Taipei, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Alenka turun di kelas Open Freestyle Gold kelompok usia 13-14 tahun dan berhasil menorehkan poin tertinggi, mengalahkan para pesaingnya. Prestasi ini mengantarkan siswi kelas 8 SMPN 115 Jakarta ini meraih medali emas di kelas Open FS Gold 13-14F. Melalui pesan singkat kepada Kompas.com (4/6/2024), Alenka mengungkapkan rasa bangga atas capaian prestasi ini. “Alhamdulillah untuk pertama kali turun di Skate Japan bisa mendapatkan hasil yang baik. Saya berterima kasih kepada tim pelatih dan pihak sekolah yang selalu mendukung selama ini,” ungkapnya. Alenka menyampaikan, dirinya membutuhkan persiapan latihan kurang lebih dua bulan dalam menghadapi “Skate Japan 2024”.


“Tantangan terbesar adalah perbedaan luas arena ice rink. Ada beberapa gerakan choreography yang harus disesuaikan, serta kompetisi ini merupakan kompetisi pertama saya di jepang, dan saya ingin menampilkan pertunjukan yang terbaik,” ungkapnya.

Alenka sendiri sudah menekuni olah raga Figure Ice Skating ini sejak berusia delapan tahun dan telah mengikuti beberapa kejuaraan tingkat Asia di berbagai negara seperti Malaysia, Thailand dan Hong Kong. Puteri pasangan Arie Hermawan dan Ira Tri Jayanthi juga pernah mengukir prestasi peringkat pertama Kejuaraan Nasional Indonesia di tahun 2023 untuk kategori Open Elementary. 

“Sebenarnya saya murid biasa yang sekolah setiap hari dari senin sampai jumat. Saya biasanya latihan ice skating tiga hari dalam seminggu,” ujar Alenka merendah. “Untuk hari libur atau weekend saya biasanya latihan dari pagi hingga malam, jika memungkinkan sekitar sembilan jam, kurang lebih dari jam 10 pagi hingga jam 7 sore, dan untuk hari biasa atau hari sekolah,” ungkapnya. “Biasanya saya pulang ke rumah sebentar untuk bersiap-siap, setelah itu langsung berangkat ke arena ice skating tempat latihan,” tambahnya. “Terkadang sekolah memberikan tugas kelompok yang harus dikerjakan diluar jam pelajaran, mencari waktu untuk bertemu dengan anggota kelompok lain terkadang sedikit susah karena jadwal latihan ice skating saya dan les saya yang lain,” cerita Alenka. Namun, perjuangan dan pengorbanan Alenka membuahkan hasil. Pada tahun ini untuk pertama kalinya Alenka turun di Skate Japan 2024 dan langsung mendapatkan hasil maksimal. Selain pihak sekolah, keberhasilan Alenka tidak lepas dari dukungan orangtua.

“Kami sebagai orangtua tentu sangat bangga, apalagi ananda Alenka bisa membawa nama baik sekolah, nama baik Ice Rink (Oasis Centre Arena) tempat Alenka berlatih serta mengharumkan nama Indonesia di Jepang,” ungkap sang Ibu, Ira Tri Jayanthi. “Hal ini sekaligus menunjukan bahwa anak anak Indonesia bisa bersaing di tingkat global,” tegasnya. Ayah Alenka, Arie Hermawan menyampaikan sebagai orangtua pihaknya selalu berusaha memberikan semangat dan doa agar Alenka selalu mempunyai semangat juang tinggi saat harus berkompetisi baik di ajang nasional maupun Internasional.

“Dan tak lupa terus mendampingi proses belajar agar bisa tetap seimbang mengikuti pendidikan di sekolah, di sela-sela kegiatan latihan ice skating yang padat, terutama saat persiapan menjelang kompetisi,” jelas Hermawan. Dia mengatakan, untuk mengenali potensi terbaik anak, sejak usia dini anak dapat diperkenalkan dengan bebagai macam jenis kegiatan, baik yang berhubungan dengan seni, olahraga, maupun akademik.

“Setelah beberapa pertemuan biasanya akan terlihat, apa anak excited atau tidak. Kami juga rutin lakukan diskusi, bertanya pada anak apa kegiatan tersebut menyenangkan untuknya,” jelas Ira Tri Jayanthi.   “Setelah nya, lambat laun akan mulai terlihat komitmen dan konsisten dalam mengikuti latihan. Jika anak enjoy mengerjakan sesuatu maka potensi yang dikeluarkan akan maksimal,” tambah Arie Hermawan. Alenka berharap prestasi yang diraih di ajang internasional “The 36th Annual Skate Japan 2024” dapat memantik prestasi anak Indonesia lain untuk berani bermimpi dan berjuang meraih prestasi terbaik.

“Semoga hasil ini bisa memacu saya dan anak-anak Indonesia lainnya untuk lebih giat berlatih dan berprestasi. Semoga ke depannya akan semakin banyak anak anak muda Indonesia yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” tutup Alenka.

Sumber : Talenta dan Kerja Keras Alenka Anandira Callista Berbuah Prestasi di “Skate Japan 2024” (kompas.com)

Kabar Sekolah Lainnya

Download App Web Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

Download App Web Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman