GRAND FINAL RUANGGURU CHAMPION 2019

Grand final Ruangguru Champion telah usai. Sebanyak 5 peserta perwakilan dari sekolah tingkat SMP masing-masing telah menyelesaikan babak terakhir. 5 sekolah yang berhasil masuk pada babak grand final adalah SMP N 1 Denpasar, SMP N 115 Jakarta, SMP Al Azhar Bekasi, SMP Program khusus Muhammadiyah Surakarta, dan SMP N 1 Tuban. Kelima sekolah tersebut bisa masuk babak grand final setelah berhasil menyingkirkan 95 sekolah lawan lainnya. Pada hari Minggu, 6 Oktober 2019, grand final Ruangguru Champion telah disiarkan disaluran televisi swasta, yaitu GTV dan MNCTV.

Benita Bernadine Indrawati, siswa dari SMP N 1 Tuban yang ikut dalam grand final di Jakarta merasa banyak sekali kesan yang diperoleh selama mengikuti kompetisi tersebut. Ia pun menceritakan beberapa pengalamannya selama mengikuti kompetisi. Beberapa kali harus berangkat ke Jakarta untuk mengikuti setiap babak pada Ruangguru Champion, mulai dari babak penyisihan hingga grand final ini. Banyak sekali teman dari berbagai daerah di Indonesia ia kenal. Selain itu, ada beberapa pengalaman yang baru ia peroleh.

“Ternyata, shooting untuk masuk TV itu tidak mudah. Sering sekali salah, diulang lagi. Masih salah lagi, diulang lagi. Dan seperti itu terus hingga 100 persen benar”, ceritanya saat ditemui. Selain pengalaman shooting yang terasa berat namun menyenangkan, bertemu dengan artis juga menjadi hal baru bagi Nadine. Seperti terlihat di TV, pembawa acara pada kompetisi tersebut adalah host terkenal Choky Sitohang dan Astrid Tiar.

Selain pengalaman yang menyenangkan, Nadine juga mengalami beberapa kesulitan selama mengikuti kompetisi. Menurutnya, taraf soal yang diberikan pada kompetisi ini adalah sedang. Namun kendala yang ia alami adalah terlalu grogi pada saat kompetisi berlangsung dan juga kurang cepat dalam membaca soal yang ditampilkan pada layar. Kendala inilah yang membuat Nadine sering terlambat tekan bel untuk menjawab, meskipun sebenarnya ia juga tahu jawaban dari soal yang diberikan.

Pada tahap grand final ini, kompetisi dibagi dalam 3 babak. Babak yang pertama adalah adu cepat. Soal yang disediakan ada 20 soal dengan waktu yang diberikan 4 menit. Namun, karena waktu yang singkat, soal hanya sampai pada nomer 16 saja. Babak yang kedua adalah babak adu cepat dengan 16 soal dalam waktu 7 menit. Pada babak kedua tersebut, soal mampu terjawab semua. Dan babak yang ketiga sebagai babak terakhir adalah kesempatan memilih dan menjawab, jika tidak bisa menjawab, maka soal akan dilemparkan pada yang lain. Diberikan pilihan sebanyak 5 mapel. Setiap mapel terdapat 4 soal yang terdiri dari 1 soal kategori sulit, 2 soal kategori sedang, dan 1 soal kategori mudah. Peserta diperkenankan memilih mapel, dan memilih kategori soal. Tentu saja, setiap kategori soal memiliki skor yang berbeda berdasarkan tingkat kesulitan soal. Pada babak grand final Ruangguru Champion, yang mendapat skor paling banyak dan menjadi juara adalah ananda Nabil dari SMP N 115 Jakarta.