Sejarah SMP Negeri 115 Jakarta

LATAR BELAKANG

SMP Negeri (SMPN) 115 Jakarta / 115 Junior High School (JHS) Jakarta, atau dikenal juga dengan nama SMABEL adalah salah satu dari sekolah menengah pertama negeri di DKI Jakarta yang berpredikat sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. SMP Negeri 115 Jakarta berada di Jl. K.H. Abdullah Syafe’i No. 1, Tebet, Jakarta Selatan, 12820. SMP Negeri 115 Jakarta didirikan di DKI Jakarta. Sekolah ini merupakan sekolah ke 115 di Jakarta. Sejak dahulu sekolah ini sangat dikenal dengan berbagai prestasinya murid-muridnya. Sekolah ini selalu membuat kemacetan di daerah Tebet, Jakarta Selatan karena letaknya yang di pinggir jalan. SMP Negeri 115 Jakarta adalah perpecahan dari sekolah induk SMP Negeri 73 Jakarta.

SMP Negeri 115 Jakarta telah menorehkan banyak prestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik. Prestasi ini telah dimulai bahkan sebelum adanya RSBI. Prestasi terakhir yang telah diraih SMP Negeri 115 adalah sebagai SMP dengan rata-rata terbaik kedua di Indonesia (9,11) dan terbaik pertama di DKI Jakarta pada tahun 2013.

Berbagai fasilitas dimiliki SMP Negeri 115 Jakarta untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain, Kelas, Perpustakaan, Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Komputer, Laboratorium Ilmu Pengetahuan Sosial, Mini Theater, Ruang Serbaguna, Lapangan Basket / Futsal, Lapangan Volley, Lapangan Badminton, Koperasi, Tempat Parkir Mobil, Kantin Outdoor, Kantin Indoor, Ruang UKS, Toilet, UKS, Ruang KIR, dan Masjid.

SEJARAH SINGKAT

Dimulai pada tahun 1975 ketika SMP Negeri 73 Jakarta memiliki jumlah siswa yang terlalu banyak, sehingga fasilitas ruangnya tidak menampung seluruh siswa, akhirnya dibuka SMP Negeri 73 kelas jauh di Jalan Tebet Utara III, Jakarta Selatan yang menempati gedung SD. SMP Negeri 73 kelas jauh inilah yang akhirnya pada tahun 1978 berkembang menjadi SMP Negeri 115 Jakarta. Seiring perjalanannya, SMP Negeri 115 Jakarta dari sekolah regular menjadi sekolah unggulan kemudian meningkat menjadi Sekolah Standar Nasional dan berkembang lagi menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.

Berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik yang dicapai oleh sekolah, banyak masyarakat yang ingin anaknya sekolah di SMP Negeri 115 Jakarta. Pembinaan akademik, ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya dilaksanakan dengan baik sebagai penyeimbang antara kegiatan dalam pembinaan kognitif, efektif dan psikomotor.

Kedepan, lulusan SMP Negeri 115 Jakarta dapat bersaing secara Nasional maupun Global diharapkan mempunyai prestasi yang membanggakan yang setara dengan teman-temannya dari negara-negara maju, sehingga prestasi pendidikan SMP Negeri 115 Jakarta dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia
‚Äč